Tempat Nongkrong Dunia IT


You are not connected. Please login or register

Penetrasi Internet Dongkrak Penjualan Buku-buku IT

Go down  Message [Halaman 1 dari 1]



Bandung - Menurut data dari Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), pengguna internet di Indonesia telah mencapai angka 30 juta pengguna atau sekitar 15 persen dari jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 240 juta. Tingginya penetrasi internet ini mendorong penjualan buku-buku dengan tema teknologi informasi dan komunikasi (TIK) alias IT.

Seperti yang terjadi di Bandung Book Center (BBC), distributor penerbit buku di Jabar sekaligus toko buku diskon. Penjualan buku-buku IT akhir-akhir ini semakin meningkat. "Saat ini minimal 200 eksemplar per judul per bulan. Naik signifikan dibanding sebelumnya yang kurang dari 100-an," ujar Manager BBC Asep Ishak Wiranta kepada detikINET, Senin (18/5/2009) sore.

Asep menegaskan bahwa kenaikan penjualan tersebut sedikit banyaknya dipengaruhi oleh semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan IT dalam kehidupan sehari-hari.

"Seperti sekarang banyak yang berjualan barang melalui internet, atau banyak juga yang merintis usaha dari internet. Ini yang membuat orang kemudian mencari-cari referensi," ungkapnya.

Namun Asep mengaku tidak semua jenis buku IT laku keras di pasaran. Buku-buku yang laku saat ini adalah buku-buku dengan tema yang sedang tren saat ini seperti facebook atau joomla!.

"Buku-buku literatur tentang hal yang ngetren saat ini seperti Facebook dan Joomla! banyak dicari. Sedangkan buku-buku tutorial cenderung stabil. Tidak ada peningkatan yang signifikan," kata pria berkaca mata ini.

Walaupun demikian, tidak semua buku-buku IT dari semua penerbit laku keras. Hanya dari beberapa penerbit seperti Elexmedia, Maxicom dan Andi yang banyak dicari oleh masyarakat. "Mungkin karena berkualitas dan bagus desainnya," pungkas Asep.

Lihat profil user http://gudang-it.indonesianforum.net

Kembali Ke Atas  Message [Halaman 1 dari 1]

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik